Feeds:
Pos
Komentar

Posts Tagged ‘Jomblo’

Dicari Lelaki Setia

Besok libur ya?”,

Ya,bebas lagi deh”,

Mau belajar ah besok”

emang kemaren ngapain?”

Tidur”

Mau tidak mau dialog di atas harus aku simak, tentu saja aku tidak sedang meonton TV, tidak juga melihat teater, apalagi menyimak pelajaran bahasa Indonesia, kalau mau tau aku sedang naik angkot menuju kampus. Di tengah perjalanan ada dua orang yang dari obrolan mereka dapat aku simpulkan bahwa mereka baru saja melaksanakan UAN dan mau mengikuti tes SMPTN. Kemungkinan mereka baru saja megikuti bimbel da sedang menuju rumah. sepanjang perjalanan mereka terus megobrol kemana-mana, ya aku dengarkan saja, habisnya mau ngapain lagi selain menyimak mereka. Rupanya penyimakanku tidak sia-sia, aku medapatkan info penting dari mereka, ingin tau… berikut petikannya:

Salah seorang dari mereka mengawali dengan sebuah cerita, Ada 2 orang kekasih saling mencintai. Sicewek kemudian sakit dan koma selama berhari-hari. Si cowok bilang bahwa dia akan menemani sicewek sampai dia sembuh, ia terus merawat si cewek sampai sembuh. saat sembuh eh malah si cowok yang kemudian sakit dan mati. oh so sad katanya.

beruntung sekali ya dia (perempuan)”

ia setia banget, cowoknya”

kayaknya susah baget ya dapat seseorang yang kayak gitu?”

1000:1 kalau mau dibadingin,kayaknya”

he eh”

emang iya gitu?, susah mendapatkan seorang lelaki yang setia”, kataku dalam hati, iya gitu, kalaupun susah sampai 1000:1. Btw aku jadi inget seorang teman. Suatu ketika kami pernah saling curhat sampai ke masalah jodoh. Berikut petikan curhatnya:

Kamu pernah pacaran” kataku

belum pernah” jawabnya

emang kenapa?”

dulu waktu SMA aku sangat pemalu dan minder, kalau sekarang karena aku setia ”

setia gimana maksudmu?” tanyaku mengorek lebih jauh

kamu percaya jodoh?” jawabnya sambil menghadapku, seakan-akan ia akan bicara hal yang sangat serius.

ya iyalah, masa ya iya dong, kamu pasti mau ngegombal seperti sungai nil dan Mesir* kan ”

aku serius”

trus?” aku menjawab sambil tersenyum kecil seakan-akan sudah menduga kalau dia akan membual

kalau masih belum percaya ya sudahlah!”

yah ngambek, oke kumaha-kumaha?” aku lebih merapat ketubuhnya

Istri kita sudah tercatat di lauhil mahfudzkan?” ia bertanya retoris

yup” kataku

karena aku belum tau siapa kelak istriku, dan untuk saat ini aku belum siap untuk menikah, makanya aku tidak mau pacaran, karena aku setia kepadanya”

bisa saja kalau kau pacaran sekarang, dan pacarmu itu menjadi istrimu kelak?”

bisa saja memang, tapi bisa juga tidakkan?” dia bertanya retoris lagi

ya iyalah, trus kalau kamu fall in love pada seseorang, padahal belum siap nikah dan kayaknya masih banyak yang ingin kau kejar gimana?” jawabku sambil coba mencecarnya

kalau aku suka sama seseorang aku akan menjaga cinta tersebut dan takkan menghabiskan cinta yang lain dalam hatiku”

you mean?”

I mean that, aku takkan menyatakan cintaku seberapapun ingin,karena dia masih fivety-fivety, dengan begitu aku yakin masih ada sisa cinta dalam hatiku, bukan sisa maksudku tapi cinta yang lain, kelak jika orang yang aku cintai itu benar jodohku maka aku bersyukur, plus cintaku akan penuh kepadanya, jika ia bukan jodohku aku masih punya cinta yang lain, maka coba akan aku temukan pasangannya”

masuk akal, masuk akal” aku manggut-manggut

dia menatap kelangit sambil menghirup nafas begitu dalam, kebetulan perbincangan kami di alam terbuka dengan pemandangan yang lumayan memikat, kemudian ia berkata lagi

sejauh apapun kita pergi kita akan selalu menemukan tuhan, selalu ada campur tangannya, karena dia benar-benar ada, maka disitulah takdir bicara, dan serapat apapun kita menutup diri, cinta akan selalu menemukan celahnya untuk masuk, maka pengetahuanlah yang kemudian akan menentukan sikap dan pilihan kita.”

dia berhenti sebentar dan menoleh kearahku, kemudian memandang kelangit lagi dan melanjutkan

banyak orang yang gila karena cinta, banyak juga yang bunuh diri gara-gara cinta, ada juga yang sudah begitu banyak berkorban demi cinta, tapi tak kunjung mendapatkannya, dan yang paling sering terjadi adalah kekecewaan.”

I know, I know” kataku untuk membuatnya masih merasa didengarkan

jika kita tahu maksud tuhan dan mengerti karakteristik serta tempat cinta itu hidup, maka bukan hanya keindahan cinta itu yang bisa kita rasakan, tetapi kita juga akan kokoh berdiri di dunia ini karena cinta tersebut.”

so good man, tank a lot”

aku sedang tidak menceramahimu” ia menoleh kepadaku

tapi aku merasa tercerahkan” aku tersenyum kepadanya

ia membalas senyumku, dan anginpun membawa terbang senyum kami, senyum orang-orang jomblo

* Dialog Fahri dan Maria dalam film Ayat-ayat cinta

Rumah kaca, 4 Juni 2008

Read Full Post »